Me n My Life

I am a simple woman, but I have the perfect family that gives me strength to live this life

Senin, Oktober 29, 2012

Tugas Tambahan Bulan ke 2


KASUS PT. GREAT RIVER INTERNATIONAL Tbk

Identifikasi pelanggaran yang terjadi dalam Kasus PT. Great River International Tbk
PT. Great River International Tbk terbukti melakukan pelanggaran terhadap Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) berkaitan dengan laporan audit atas laporan keuangan konsolidasinya tahun 2003 karena pelanggaran-pelanggaran sebagai berikut ini :
1.   Adanya indikasi konspirasi dalam penyajian laporan keuangan Great River tahun 2003 disajikan untuk penerbitan obligasi perseroan yang gagal bayar
2.   Dugaan overstatement karena pencatatan untuk akun penjualan menggunakan metode yang berbeda dari ketentuan yang ada. Dengan metode ini, perusahaan menyertakan laba bahan baku yang dikeluarkan oleh pemesan sebagai bagian dari pendapatan. Perusahaan menerima order pakaian dari luar negeri dengan bahan baku dari pesesan. Jadi, Great River hanya mengeluarkan ongkos operasi pembuatan pakaian. Tapi pada saat pesanan dikirim ke luar negeri, nilai ekspornya dicantumkan dengan menjumlahkan harga bahan baku, aksesoris, ongkos kerja, dan laba perusahaan.
3.   Kelebihan pencatatan penyajian akun penjualan dan piutang dalam laporan keuangan. Kelebihan itu berupa penambahan asset tetap dan penggunaan dana hasil emisi obligasi yang tanpa pembuktian.  

Apakah ada hubungan antara kesalahan pencatatan atas laporan keuanagn dengan kesulitan perusahaan dalam membayar hutangnya ?
Ada hubungannya karena Bapepam menemukan Kelebihan pencatatan penyajian akun penjualan dan piutang serta penambahan asset tetap dan penggunaan dana hasil emisi obliges. Akibatnya PT. Great River mengalami arus kas sehingga tidak mampu membayar hutang Rp 250 M kepada Bank Mandiri dan gagal membayar obligasi senilai Rp 300 M.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar