Me n My Life

I am a simple woman, but I have the perfect family that gives me strength to live this life

Rabu, Januari 05, 2011

Behel

BEHEL (KAWAT GIGI)

Behel atau juga disebut brekets (braces) (sebetulnya brekets adalah nama karet yang menempel pada besi yang menempel pada gigi kita). Behel adalah salah satu bentuk perawatan gigi yang berfungsi untuk merapihkan gigi. . Dulu, mengenakan kawat gigi dianggap aneh dan kuno. Banyak cerita tidak enak mengenakan alat bantu ortodontis ini, mulai dari rasa tidak nyaman hingga takut diolok-olok teman. Karena itu, kawat gigi yang juga dikenal dengan istilah bracket ini merupakan benda yang sebisa mungkin dihindari oleh orang-orang dengan susunan gigi amburadul. Namun sekarang ini behel sudah menjadi trend hidup di masyarakat, banyak para remaja bahkan para orang dewasa menggunakan behel baik perempuan maupun laki-laki. Terkadang tujuan mereka menggunakan behel bukan untuk merapikan susunan gigi namun hanya untuk gaya mengikuti trend yang sedang buming.
Menurut jenisnya, behel ada yang bersifat permanen artinya tidak dapat dilepas dan dipasang, lalu ada juga yang bersifat bisa dilepas dan dipasang. Mekanismenya yaitu dia mengatur, mendorong dan menahan pergerakan gigi. Perawatan ortho bertujuan untuk memperbaiki fungsi bicara, estetis muka, sudut bibir, rahang, senyum. Kawat gigi bukan sekadar aksesoris atau pajangan di mulut. Kawat gigi ternyata bisa mencegah berbagai keluhan di area mulut bahkan di organ vital tubuh lainnya akibat susunan gigi yang tidak benar.

Fungsi kawat gigi (behel)
Adapun fungsi utama bracket adalah memperbaiki susunan gigi dengan cara menarik secara perlahan dan bertahap agar susunan gigi rapi seperti yang diinginkan. Jika susunan gigi sudah benar, orang tersebut lebih mudah mengunyah makanan dan bila diapandang matapun akan lebih indah. Gigi yang tidak rata mempersulit proses mengunyah dan makanan yang dikunyah pun tidak benar-benar lunak. Bagi orang yang pencernaannya sensitif, makanan yang tidak benar-benar hancur tadi bisa menjadi masalah. Oleh karena itu lebih baik menggunakan bracket untuk menghindari masalah tersebut.
Dalam pemasangan behel memerlukan perawatan yang lebih dan kedisplinan.
Termasuk mengarahkan gigi yang belum tumbuh, agar mendukung perbaikan tumbuhnya rahang. Kalau perlu, dilakukan pengambilan foto rontgen yang mencakup dua sudut pengambilan, yaitu panoramik (raut seluruh geligi dan tulang) serta chepalometri (kedudukan rahang, tulang muka dan geligi). Setelah pemasangan harus rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari dan rajin control ke dokter paling tidak sebulan sekali.

Komponen utama dan komponen pelengkap behel
Komponen kawat gigi berupa brace atau bracket yang menempel pada gigi, kawat, pengikat kawat, dan bracket, serta band (cincin di geraham belakang). Bahannya bisa dari porselen atau keramik, komposit dan plastik yang sewarna gigi atau metal berwarna perak.
Pada kasus tertentu dilengkapi head gear yang dipakai di luar mulut untuk perawatan gigi tonggos, berupa lepasan yang hanya dipakai saat tidur, agar tak mengganggu penampilan. Ada juga face mask atau chin cap untuk rahang cakil, yang juga lepas pakai, minimal delapan jam per hari.
Setelah masa perawatan aktif selesai, pasien masih harus menggunakan retainer selama enam bulan untuk menjaga kestabilan hasil perawatan aktif. Bentuknya berupa seutas kawat di bagian dalam gigi depan, yang lebih mudah berubah letak, bisa berupa lepasan atau cekat pasif. Harganya mulai Rp 500.000,-.

Harga pemasangan behel.
Yang bisa dipakai selama enam bulan, berkisar Rp 500.000,- - Rp 2 juta. Sedangkan cekat, antara Rp 3,5 juta dan belasan juta rupiah, tergantung jenis dan bahan kawat gigi dan tempat praktik dokternya. Behel yang kita pakai itu mengandung stainless steel dikombinasikan dengan nickel titanium. Logam ini tahan panas, tahan dingin,tahan karat. Mahalnya biaya terutama karena sebagian besar perangkatnya berteknologi canggih, berdimensi mikro dengan ketepatan tinggi dan bahan logam tersebut masih diimpor. Maka, sayang sekali jika kita menggunakan behel hanya untuk gaya-gaya an mengikuti trend sekarang ini karena pemasangan behel memerlukan biaya yang mahal dan behel memiliki fungsi sebenarnya untuk merapihkan gigi.

Sikat gigi khusus dan pasta gigi
Sebaiknya, pemakai behel menggunakan sikat gigi khusus vertikal dan horizontal yang mampu membersihkan kotoran di sela-sela gigi dan kawat. Sikat gigi yang dipakai khusus bagi pengguna behel, bentuknya kecil, bulu sikatnya halus, dan ada bagian bolong ditengahnya untuk space behelnya. Harga sikat gigi khusus itu antara Rp 20.000,- - Rp 25.000,-.
Selain itu ada sikat tambahan untuk sela-sela gigi, bentuknya seperti sikat pembersih botol dan ukurannya kecil. Sikat gigi ini penting juga lho !!! karena orang yang pakai behel biasanya terbentuknya karang gigi menjadi lebih cepat. Disarankan juga pakai dental floss jika perlu. Untuk pasta gigi yang dipakai sebaiknya yang mengandung baking soda dan perlindungan ekstra terhadap gigi berlubang.

Cara Merawat gigi behel
Bagi kalian yang pakai behel mesti kudu tambah rajin merawat gigi behel ! Kalo gitu ikutin yuk cara – cara merawat gigi behel yang benar agar kalian memperoleh hasil yang baik : ^_^
* Sikat gigi atas bagian depan (gigi seri) dangan pasta gigi. Menggosoknya dari kanan ke kiri.
* Kemudian sikat bagian atas behel gigi depan tersebut, dari kanan ke kiri. Lakukan juga di bagian bawah behel.
* Sikat bagian sebelah dalam gigi seri (belakang gigi).
* Setelahnya, sikat gigi geraham samping kanan dan kiri dengan cara yang sama (mulai dari bagian atas behel, bawah behel dan sebelah dalam gigi geraham).
* Sikat pula bagian bawah gigi geraham hingga bersih.
* Ulangi seluruh proses tadi, tanpa mrnggunakan pasta gigi.
* Setelah selesai dengan bagian atas selama 2 menit, lakukan hal yang sama dengan gigi bawah.Selesai menyikat gigi dengan sikat gigi biasa, gunakan sikat gigi khusus behel yang bulu sikatnya tipis memanjang (bisa dibeli di counter body care atau apotik). Jangan lupa sikat bagian kanan dan kiri karet behel (di antara gigi).

Ouppppsss …. Ada tips juga yang perlu kalian ingat ni. Attention !!!
* Selalu menyikat gigi setelah makan, supaya sisa makanan enggak menyangkut (apalagi sampai menyangkut di kawat gigi,, ihihih gak mau kan !) dan mulut tetap bersih. Untuk itu, bawalah sikat gigi khusus gigi behel untuk berpergian di dalam tas !!!
* Pilih makanan yang lembut. Makanan yang keras bisa bikin besi behel terlepas.
* Makanan padat dan keras kayak apel, sebaiknya dipotong kecil-kecil.
* Jangan coba-coba melepas atau menyetel kawat gigi yang sudah dipasang.
* Hindari makanan yang manis, lengket (seperti permen karet), dan bersoda karena bisa menempel di behel dan sulit dibersihkan.
* Gunakan dental floss untuk membersihkan makanan yang menyelip di sela gigi.
* Kontrol ke dokter gigi secara teratur sesuai yang dijadwalkan dokter. Biasanya 3 atau 4 minggu sekali control ke dokterny, atau minimal sebulan sekali lah. Harus rajin – rajin ya supaya hasilnya maksimal.
Manfaat Behel
Manfaat dari pemasangan behel :
1.Gigi akan menjadi rapi, sehingga enak dipandang mata sehingga terhindar dari masalah pencernaan akibat gigi yang kurang rapi.
2.Membuat senyum terlihat manis dan terlihat cantik.
3.Bisa juga untuk mengikuti trand dan gaya-gayaan.
4.Meningkatkan rasa percaya diri.

sumber : http://agustinadewic.blogspot.com/2010/01/kawat-gigi-behel.html
Majalah Gadis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar